NO RICE NO SALT Simple Recipes : Pan Seared Dory with "Sambal Matah" and Grilled potatoe with Sweet Corn

12:46:00 AM

Jadiiii... mulai 2 minggu yang lalu, suami mengeluh badannya udah terlalu berat hehehe. Jadilah dia berencana untuk diet. Nah untuk diet itu juga mesti ditunjang dengan makanan yang sehat dan tercukupi. Kebetulan saya follow akun instagramnya Blekros yang adalah catering diet milik mbak Vitha seorang lawyer. Sebenernya saya juga kepengen banget ikutan diet healthy food gitu, cuma berhubung masih menyusui jadi aja belum bisa dan harus makan yang buanyaaakkk (bukan alesan kookk.. haha).

Setelah cari-cari tahu tentang si Blekros tersebut, ternyata tak dinyana, harganya lumayan bangettt bisa buat 2 bulan belanja bulanan hanya untuk 13 hari muahahaha (susah yaa  mak-mak irit). Terus mikir-mikir gimana caranya yaa masakin suami sendiri dengan inspirasi yang sama dari Blekros tersebut. Yaudah deh akhirnya saya coba adaptasi menu-menu yang ada di website nya sendiri. Yang penting rules NO RICE NO SALT nya tercapai. Sempet deg-degan juga sik! bukan apa-apa, yang saya takutin bukan suami yang gagal diet tengah jalan, tapi justru saya yang takut ngga istiqomah masak dari subuh buat dibawa bekal suami kekantor hahahah. That's the hardest part oh yess!.Oiya tentu aja buat yang mau coba diet sehat gini, harus dibarengi dengan olahraga setiap hari minimal 1 jam ya. NO ICE juga, sama makan malam terakhir dibawah jam 7 malam.

Nah berikut ini saya mau coba kasih resep hasil uji coba sendiri ahhahaha buat suami dan alhamdulillahnya suami suka banget. Padahal mah gampang banget.

mohon maaf foto seadanya pake hp karena ngga sempet difoto pake kamera sekejap ludesss hahaha



Bahan-bahan :
250 gr fillet ikan Dory (boleh pake ikan favorit apapun)
1 buah kentang jangan kupas kulitnya
olive oil
setengah bonggol jagung manis
daun selada dan tomat cherry untuk salad

Bumbu-bumbu :
1 sdm merica (jangan takut bukan cuma buat ikannya kok hehe)
1 sdt bubuk bawang putih
unsalted butter secukupnya
1 sdt chilli powder
1 sdt blackpaper powder
1/2 sdt dry parsley

Sambal Matah :
5 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 buah cabai rawit merah
1/2 sdt jeruk nipis
1 buah jeruk limau (opt)
1 batang sereh (opt)
2 sdm olive oil

Cara membuat :
1. lumuri ikan dengan merica, sisihkan.
2. panaskan unsalted butter dengan olive oil dan masak ikan hingga kecoklatan. angkat sisihkan.
3. potong-potong kentang dan rebus hingga empuk bersamaan dengan jagung manis. tiriskan kentang dan taburi garlic powder, chilli powder, blackpaper powder dan merica hingga rata kemudian masak diatas pan tanpa minyak atau butter hingga kecoklatan yang diinginkan. pilihan untuk memanggang kentang ini tidak wajib, berhubung suami lebih suka kentangnya diginiin. Pilihan kentang dapat dimasak dalam berbagai cara seperti di mashed, boiled, steamed, atau dibaked atau disalad.
4. angkat jagung dan iris. you can add a lil bit unsalted butter if you like.
5. Sambal matah : iris semua bahan, letakkan dimangkuk, dan siram dengan minyak yang telah dipanaskan. kemudian beri perasan jeruk nipis dan jeruk limau.
6. untuk basic salad, sobek-sobek daun selada dan campurkan dengan tomat cherry yang sudah dipotong 2 kemudian percikkan olive oil, perasan dari seperempat jeruk lemon dan merica.
7. sajikan semua bersama.

Ternyata untuk diet no rice no salt itu ngga terlalu susah. Menu yang sering kita makan sehari-hari juga bisa kok dibuat seperti itu tanpa garam. untuk nasi, pengganti karbohidratnya disarankan karbo yang tercipta dari sayuran seperti kentang, jagung, sweet potato atau umbi-umbian. Untuk lebih lengkapnya silahkan googling yaa hehe..Selamat mencoba!.

You Might Also Like

5 comments

  1. asik niihh. mau coba aahh. resep yang lainnyaaa taaaallll keluarkaan :D hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa fikooww ga susah sih sebenernyaa cuma semangatnya ituu aja yg berat hahahaha

      Delete
  2. Aaaakkk ngileeerr... Sehat pulak... Thanks Talitha... Kudu dipraktekin nih..
    Emang susah ngilangin kebiasaan gula garem yaa apalagi kebanyakan masakan indonesia tu bumbunya gurih mantepp

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello tiaa, apa kabar hehe? iyaaa.. tp lama2 kebiasa kokk..justru enaknya masakan indonesia, tanpa pake gulgar sebenernya udh berbumbu jd ga terlalu plain dan eneg makannya hehehe.. jgn takut pake bumbu2an yaa silahkan mencobaaa :)

      Delete
  3. ahhh thank you for sharing! pengen coba buat juga ahh.. :)

    ReplyDelete

Really love to hear what you think! ;)