RECIPE : Tongseng Sapi Tanpa Santan

2:00:00 PM

Siapa sih yang nggak kenal tongseng? Makanan asal Solo yang berkuah seperti gulai ini sering ada ditempat makan yang juga menghidangkan sate kambing dan biasanya lebih sedap jika dimasak diatas tungku yang menggunakan arang. Tapi sekarang ini udah jarang banget tongseng yang masaknya pake tungku arang.

Suami saya yang pecinta daging, mau daging dimasak jadi apapun juga dia suka, kebetulan udah lama pengen minta dimasakin tongseng. Tapi saya belum pede, hehhehe.. karena masih amatir bangett dan mikirnya masak tongseng kan banyak bumbu. Tapi saya coba cari resep tongseng yang mudah dan nggak seribet bayangan saya kemudian ya saya modifikasi sendiri deh. Begitu banyak versi tongseng ala orang lain, semua bumbu sesuai selera memang. ada yang menggunakan ketumbar, ada yang menggunakan klabet, ada yang pake santan, dan sebagainya.

Nah untuk tongseng versi saya, saya pake bumbu-bumbu yang ada dirumah saja dan yang mudah didapatkan. Dan Alhamdulillah rasanya enakk, suami suka, dan Mama yang biasanya suka males makan masakan saya karena katanya masaknya kebarat-baratan (padahal masakan barat mah jauh lebih gampang dari masakan asia karena super duper minim bumbu hahahaha ngga tau aja si Mama ;p) mendadak mau nyicipin dan malah makan pake nasi karena beliau bilang itu enak, uyeaahh!!.


Berikut adalah Resepnya yaa...





1.   350 gram daging sapi has dalam, jika bukan has dalam daging bisa diiris agak tipis supaya lebih mudah empuk saat dimasak.
2.   300 gram kol, dirajang agak tebal atau tidak terlalu tipis.
3.   1 buah tomat merah.
4.   1 buah tomat sayur
5.   1 liter kaldu sapi/air putih.
6.   1/2 sdt kaldu instan kemasan.
7.   5 sendok makan kecap manis.
8.   5 sendok makan saus tiram.
9.   Mentega atau margarin secukupnya untuk menumis.
Bumbu yang harus dihaluskan
1.   8 siung bawang putih.
2.   6 biji kemiri, disangrai terlebih dahulu.
3.   Kunyit seukuran 1 ruas jari telunjuk.
4.   Garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya.
5.   5 siung bawang merah
Bumbu kasar yang harus disiapkan:
1.   10 siung bawang merah, dirajang tipis.
2.   50 gram jahe, digeprek.
3.   5 buah cabe merah besar, buang bijinya, diiris tipis.
4.   5 buah cabai rawit
5.   Lengkuas seukuran 3 ruas jari telunjuk.
6.   2 lembar daun jeruk.
7.   3 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, dimemarkan.
8.   2 lembar daun salam

Cara membuat:
1.   Panaskan mentega atau mergarin hingga meleleh.
2.   Tumis irisan bawang merah hingga harum dan layu.
3.   Masukkan bumbu yang dihaluskan, tumis kembali hingga sampai harum dan matang.
4.   Masukkan semua bumbu kasar yang tersisa, aduk sampai tercampur rata.
5.   Tambahkan, saus tiram, kecap manis dan daging sapi, tumis hingga daging berubah warna.
6.   Tuangkan air putih, masak hingga tekstur daging menjadi empuk.
7.   Tambahkan kaldu bubuk instan, aduk rata, masak hingga mendidih.
8.   Masukkan tomat dan kol, masak hingga agak layu, angkat dari atas kompor.
9.   Tongseng sapi tanpa santan siap disajikan.
Porsi ini bisa dihidangkan untuk 5- 8 orang tergantung seberapa banyak masing-masing porsi makannya yaa haha. Selamat mencoba dan ditunggu sharing komennya kalau udah sukses buatnya yaaa. ;)


xoxo,
Tal

You Might Also Like

2 comments

  1. Hah... udah lama banget nggak pernah makan tongseng.
    Jadi lapar mbak... :D

    ReplyDelete
  2. Kemarin aku baru makan tongseng, tapi tongseng kambing mbak... kalau tongseng sapi aku nggak pernah makan. :)

    ReplyDelete

Really love to hear what you think! ;)