Debut pertama sebagai Party Planner (dan Tips mengadakan pesta sendiri dirumah)

3:59:00 PM


Awal bulan November lalu adik sepupu suami merayakan ulang tahunnya yang ke 17. Sebenarnya dikeluarga suami jarang ada yang merayakan ulang tahun kecuali Mbah kakung dan Mbah uti hihihihi. Tapi karena momen umur 17 tahun kan cuma sekali seumur hidup, dan sepupu si mas kebetulan perempuan jadilah kepingin dirayakan walaupun sederhana. Rencana udah dibuat bahkan dari 2 bulan sebelumnya. Tapi pada prakteknya, baru grabak grubuk cuma dari seminggu sebelumnya hahahah...


Niat awal ibunya si Kaka (yang ulang tahun) mau ngadain acaranya di resto atau kafe aja biar ngga ribet dan capek kalau ngadain dirumah. Cuma Kaka tetep pengen ngadain dirumah karena satu dan lain hal. Kebetulan saya suka banget nih kalau ada pekerjaan tangan gini apalagi dipakai buat pesta. Dan kepingin banget sebenernya bisa punya Party Planner team suatu hari hehehe.

Jadilah seminggu sebelumnya itu mulai jumpalitan nyari bahan-bahan untuk bikin properti dan nentuin konsep. Mulai dari area acara, desain undangan, sampe souvenirs kita kerjain sendiri. Seru banget deh semua anggota keluarga ngebantuin nyelesaiin perintilan acara.

Sebenernya bisa banget kok kita bikin pesta kecil-kecilan dirumah sendiri dengan budget yang terbatas tapi tetep memorable dan meriah. Kalau ngga mau grabak grubuk kaya kita kemaren (ya itu sih emang salah dikita aja sih hahaha), kerjainnya bisa nyicil-nyicil diatur waktunya yah. Nah beberapa tips dari saya buat yang mau mengadakan pesta dirumah sendiri dengan poin-poin yang kira-kira penting untuk dilaksanakan supaya acara berjalan lancar aman terkendali sehat sentosa.

Berikut poinnya :
  1. Tentukan Budget. Dengan menentukan budget, kita jadi bisa menghitung pengeluaran yang benar-benar penting dalam pesta dan bisa memaksimalkan barang-barang yang sudah ada dirumah untuk digunakan sebagai dekorasi. Atau misalnya bisa juga jadi menentukan bikin kue sendiri atau bisa beli.
  2. Tentukan Konsep. Dengan menentukan konsep atau bahkan hanya Color Theme dari acara itu juga bisa mempengaruhi budget lho. Misalnya kalau kita memakai tema warna-warni, kan jadi bisa pinjem mainan adik atau crayon warna warni untuk memeriahkan dekorasi pesta untuk anak misalnya. Jadi ngga asal comot aja liat pernak-pernik itu bagus, ini bagus, biasanya kan cewe-cewe suka kalap ya kalau lihat barang-barang lucu walaupun ngga berguna. :p
  3. Tentukan Lokasi Acara. Setelah menentukan budget, kita juga jadi bisa membayangkan kemungkinan pesta diadakan dilokasi seperti apa. Apakah budgetnya cukup untuk mengadakan di kafe, direstoran, di playpark, atau cukup dengan dirumah saja.
  4. Tentukan Undangan. Nah dari budget juga, bisa kita hitung kira-kira berapa ya pos biaya makanan untuk sekian orang atau sekian orang?
  5. Waktu. Sekarang ini sudah banyak orang yang mengadakan pesta bahkan pesta pernikahan di jam-jam yang nggak biasa. Nggak biasa gimana maksudnya? Yaaa kalau seperti kita tahu biasanya kan pesta pernikahan diadakan hari sabtu atau minggu dengan jam 11.00 - 13.00 wib atau 19.00-21.00 wib, tapi sekarang pesta tersebut mulai banyak yang mengadakan dijam-jam Brunch sekitar pukul 9.00- 11.00 atau di jamnya coffe break sekitar pukul 16.00-18.00. Nah di jam-jam seperti itu tamu disuguhkan makanan ringan saja dan bukan makanan buffet nasi dengan lauk pauknya yang memang diperuntukkan sebagai makan siang dan makan malam. Jadi jika kita mengadakan pesta dijam seperti itu cukup menghemat budget karena kita hanya menyuguhkan makanan-makanan ringan seperti kue-kue-an, bakso, jajanan pasar, dll. Bisa jadi satu alternatif pesta kan?.
  6. Rundown acara. Rundown acara diperlukan supaya ada poin dari acara tersebut. Supaya nggak bosen, tamu-tamu undangan bisa dibuatkan sebuah games untuk menambah kemeriahan pesta. Nggak perlu yang repot-repot, maksimalkan saja segala sesuatu yang ada disekeliling kita, misalnya permainan paling lama mempertahankan nyala api dari lilin atau korek api sementara teman-teman yang lain berusaha meniupnya. simpel kan?
  7. Pengisi acara. Disini bisa kita tentukan sesuai konsep dari acara siapa saja yang akan mengisi acara, bisa dengan akustik, band, badut, sulap, dan sebagainya untuk memeriahkan pesta.
  8. Tanda terima kasih atau yang biasa kita sebut sebagai suvenir. Sebenarnya suvenir ini optional aja, tapi biasanya ditiap pesta sih sering ada ya. Seperti Goody bag isi makanan kecil pada pesta anak kecil, atau suvenir pernikahan, untuk pesta remaja seperti pesta ultah 17 th Kaka kemarin, saya mengusulkan ide memberi Hair ties untuk teman-temannya dengan warna yang berbeda bagi tamu perempuan dan laki-laki tapi tetap bisa digunakan keduanya.
  9. Dress Code. Sekarang mulai banyak pesta-pesta yang menetapkan dress code bagi para tamu undangan. Mungkin karena hal ini terbilang baru dikalangan pesta orang indonesia, jadi saya cukup sering tamu mengeluh jika diberikan dress code. huehehehe... tapi bagi saya sih tidak masalah, karena ibaratnya hari itu kan adalah hari si pemilik acara, jadi sah-sah saja dia pingin pestanya sesuai keinginan dia termasuk dress code.
  10. Do It Yourself!. Yesss... hehehehe... DIY amat sangat membantu meminimalisir budget dalam hal dekorasi ataupun makanan. Sekarang ini sudah banyak sekali tutorial-tutorial DIY dalam membuat dekorasi apapun atau bahkan snack apapun dengan budget yang minimum. Asal kita rajin dan semangat mengerjakannya, melakukan DIY itu sangat menyenangkan dan kalau pesta jadi lebih cantik karena dekorasi DIY kita, pasti rasanya jauh lebih puas lho. 
Kira-kira sekian beberapa poin untuk membantu kamu mengadakan pesta dirumah walau dengan budget terbatas. Poin-poin diatas tersebut ngga wajib kok, kamu bisa hilangkan beberapa poin jika memang budgetnya tidak mencukupi atau lagi-lagi.... DO IT YOURSELF dan berkreasi semaksimal mungkin! ;)





ps: pssstttt... tunggu tutorial untuk dekorasi pesta dipost-post selanjutnya yaaa..

You Might Also Like

4 comments

  1. keren amat sih taal. ayooo seriusin jadi party plannernyaa :D untuk event pertama boleh laah jadi planner buat IHB piknik yang ide loe itu. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iyaa fikaaa, eh lo rajin bgt deh komen hahaha sementara gw si pemalas komen. Tapi seneng sih dikomenin haha

      Delete
  2. Hallo, kakak... sy anifa. Sy suka sekali dengan bussines party planer, boleh ikut gabung :)

    ReplyDelete

Really love to hear what you think! ;)