Spaghetti Aglio Olio ala Mom n Chic

9:19:00 AM


Dipost tentang resep mudah membuat Pempek Palembang, saya menyebutkan kalau keluarga kami suka membuat suatu makanan untuk disimpan atau distok. Nah, selain membuat cemilan, disetiap keluarga pasti memiliki makanan instan yang banyak distok. Bagi saya, salah satu stok makanan kering untuk diolah menjadi berbagai macam masakan salah satunya adalah Spaghetti. Siapa yang tidak tahu spaghetti? Pasta yang berbentuk mirip mie ini sudah sangat dikenal di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, lebih sehat dari mie instan, spaghetti bisa dimasak menjadi berbagai macam masakan. Bisa menggunakan bumbu Western, Eropa, Italia, atau bahkan Indonesia.


Tapi, bumbu spaghetti yang sering dibuat oleh orang Indonesia kebanyakan adalah bolognese, atau saus dengan menggunakan tomat dan daging cincang ini. Sekarang sudah banyak saus bolognese instan yang dijual dipasaran karena untuk membuat saus bolognese sendiri cukup memakan waktu dan bahan. Nah, kebetulan dikeluarga saya kurang menyukai saus bolognese. Saya sendiri lebih suka spaghetti aglio olio, atau spaghetti yang ditumis menggunakan olive oil. Waktu itu saya coba bikin sendiri dengan resep coba-coba, eh ternyata seluruh anggota keluarga malah lebih suka spaghetti yang saya buat, yeay!. Nah kalau, bosan dengan saus spaghetti yang biasa, resep spaghetti ini bisa jadi pilihan alternatif untuk penyuka hidangan itali satu ini. Selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun mudah disesuaikan dengan bahan lokal. Kalau sedang tidak ada minyak Olive Oil, saya suka pakai minyak Canola, Kelapa atau ya sekedar minyak sayur biasa hehehe, tapi rasanya tetap mantap kok.

BAHAN :
(porsi resep untuk 1 orang)
- segenggam spaghetti kering
- 3 siung bawang putih cincang halus
- 1 siung bawang merah/ seperempat bagian bawang bombay cincang halus
- 1 sdm Olive oil untuk menumis
- 1 sdm butter
- 2 buah cabai rawit (pedas bisa disesuaikan) iris halus
- 1/2 sdt air perasan jeruk nipis/lemon
- Dry thyme*
- Dry parsley*
- Dry oregano*
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya
- Kaldu bubuk secukupnya
- Sosis untuk bahan pelengkap (bisa diganti dengan apa saja seperti  udang, ayam, bakso, daging, dll)

CARA MEMBUAT :
- Rebus spaghetti hingga aldente didalam sebuah air yang mendidih dan telah diberikan garam. Pastikan air mendidih untuk mencegah spaghetti lengket.
- Panaskan minyak dan mentega diwajan. Tumis sosis hingga kecoklatan, sisihkan.
- Masukkan semua bahan yang telah diiris halus hingga harum beserta bumbu-bumbu. Masukkan kembali sosis dan spaghetti yang telah matang, aduk hingga rata. Cicipi dan sesuaikan. Sajikan.


Gampang banget kan buatnya? Nala juga suka banget kalau saya buat spaghetti, tapi untuk Nala saya tidak menggunakan cabai rawitnya ya. Oya, untuk rasa yang lebih indonesia, saya suka menambahkan irisan daun jeruk purut. Wangi dan semakin menambah selera. Silahkan dicoba yaa ;).


Oiyaaaa... Menyambut bulan suci ramadhan ini, saya berencana untuk membuat giveaway, kira-kira pada mau ikutan nggaa? Silahkan komen dibawah yaaa :)

xoxo,
Tal





You Might Also Like

3 comments

  1. Aku juga suka bangeeet bikin aglio olio, malah cuma pake olive oil, bawput, rawit & garam *lalu baru sadar bumbunya bisa diperkuat kayak buatanmu yaaa
    Trus dijadiin ala-ala restoran dikasih pan fried salmon, jadi deh makanan mewah XD

    Mauuuu giveawaynya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah tiii, bisa dimacem2in banget si aglio olio ini hehehe, pake tuna chunk jg enak bgt!. mauu bikin giveaway, ditunggu yaahhh :*

      Delete
  2. Aduh... kayanya nyumi banget. :)
    Pengen banget mbak :D

    ReplyDelete

Really love to hear what you think! ;)