Babyloania X Productive Mamas Ifthar Playdate Session Invitation

10:40:00 AM


Dipostingan sebelumnya saya sudah bercerita mengenai betapa saya sangat senang karena bulan Ramadhan tahun ini cukup spesial. Alasan utamanya adalah karena saya bisa berpuasa penuh dikarenakan sedang hamil anak kedua ditrimester kedua. Kalau waktu hamil dan menyusui Nala, saya tidak bisa berpuasa penuh selama 2 tahun berturut-turut kali ini Allah SWT memberikan saya kesempatan untuk dapat kembali berpuasa dan bahkan alhamdulillah diberikan rezeki salah satunya ketemu sama teman-teman baru.


Dipertengahan puasa kemarin, saya mendapat undangan buka puasa bersama "Mamah-mamah Muda" (hihihihi) yang saya kenal waktu diacara Gummy Box Launching beberapa bulan lalu. Yes, Fira yang adalah founder dari Babyloania dan Nesya "the head" dari Productive Mamas merencanakan buka puasa produktif untuk Mama dan Anak. Jadi sebelum buka puasa sambil ngabuburit, para Mama menemani anak-anak bermain Sensory Play. Apa sih Sensory Play itu?

Sensory Play?
Untuk yang belum tau, sensory play kelihatannya memang hanya seperti main ‘kotor-kotoran’ saja, tapi sebenarnya banyak sekali manfaatnya! Sensory play adalah permainan yang melatih dan menggunakan satu indera atau lebih (penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecap dan peraba). Permainan ini berguna untuk meningkatkan bonding antara ibu dan anak, mendorong anak belajar observasi, meningkatkan kreativitas dan menstimulasi indera anak. Banyak anak yang mempunyai masalah dengan ‘speech delay’ juga dianjurkan bermain sensory play karena permainan ini dapat membangun hubungan syaraf-syaraf di otak. Most importantly, anak bersenang-senang dalam bermain!

Jujur, saya sendiri baru tahu soal Sensory Play macam ini lho. Ya kalau ajak main gambar-gambar coret-coret, playdough sih biasa, cuma baru tahu namanya itu Sensory Play dan kita sebagai Ibu harus lebih kreatif lagi untuk kasih permainan edukatif yang sebenarnya bahan-bahannya ada disekitar kita. Dulu saya sempat kasih gadget supaya Nala anteng, walaupun tontonannya ya seputar film anak-anak. Tapi walau sebentar, ternyata efeknya nggak bagus banget, sedih deh. Sampai sekarang kalau ada yang kasih Nala gadget atau kecolongan Nala megang gadget sepupunya, seharian itu dia bisa cranky berat, dan nyebelin banget karena jadi uring-uringan dan destruktif nggak bisa dibilangin.

Nala pun termasuk anak yang kurang suka kotor-kotoran, jadi waktu bermain Sensory Play bareng temen-temennya, dia berusaha agar tetap bersih hahahaha. Tapi saya berusaha supaya dia semakin senang main kotor-kotoran dan main dialam terbuka. Diplaydate ifthar kemarin temanya adalah Baking Soda!. Nesya menyiapkan beberapa percobaan science kecil-kecilan yang tentunya aman bagi anak-anak dan balita dibawah pengawasan Mama dari Baking Soda yang dibuat menjadi bermacam permainan, diantaranya  :

1)    Frozen Baking Soda Dough
Prep: Campur baking soda di dalam cetakan dengan beberapa tetes pewarna makanan aduk, lalu teteskan air sampai mengeras, jangan terlalu lembek! Lalu masukan dalam freezer.
Play: Keluarkan dari freezer dan mainkan! Free play saja

2)    Baking Soda Paint
Prep: Campur baking soda dan air
Play: Lukis-lukis dengan kuas. Optional: ditetesi vinegar menggunakan pipet agar ada efek kembang api

3)    Erupting Baking Soda Experiment (for older kids)
Prep: Baking soda + dish soap
Play: Teteskan cuka ke dalam wadah untuk reaksi seperti gunung berapi

Selain sensory play, merasakan dingin, beku, dan cair, experiment diatas mengajarkan anak mengenai berbagai macam warna, dan juga science experiment!

Sepulang dari Ifthar tersebut Nala terlihat sangat senang karena sepanjang perjalanan pulang, walaupun agak macet, Nala bernyanyi-nyanyi dimobil dan bercerita dengan spelling yang masih kacau bagaimana tadi dia bermain dengan teman-temannya. Terima kasih Fira yang rumahnya sudah bersedia diacak-acak (hihihi) dan Nesya yang sudah menyiapkan permainan untuk anak-anak. Plus, karena mereka pula saya jadi makin semangat untuk bikin Simple Sensory Play untuk Nala yang materialnya mudah didapat. Next akan saya post ya permainan apa saja yang sudah saya buatkan untuk Nala. So stay tune!

You Might Also Like

7 comments

  1. Waah seru ya mainan sensory playnya, dan mamah2 muda nya cakep2 hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaa seru dan edukatif lhoo.. waahh maaciiihh ^.^

      Delete
  2. Ahh kereeeen... Mau nyontek rumus sensory playnya ya mba. Mungkin bisa membantu program lancar bicara anakku yang masih belum banyak vocabnya, huhuhu. Thank you. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mbakk, kalau banyak vocab sepertinya mesti sering-sering diajak ngobrol dan mendengarkan orang ngobrol juga kayanya yaa hehehe.. goodluck ya mbakk semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. Wiii! Thank you for coming talitha! Soon kita playdate lagi yaaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. you're welcome Nesyaaa.. sure! let's arrange another playdate yuukk :*

      Delete
  4. Wah lucu2 ya?
    Fotonya kayaknya menarik banget. :D

    ReplyDelete

Really love to hear what you think! ;)