Mom and Chic 5 Affordable Party Ideas

11:09:00 PM



Mengadakan Party atau pesta adalah hal yang sangat menyenangkan, buat saya terutama. Makanya saya punya cita-cita kepengen juga jadi Party Planner atau Wedding Organizer hehehe. Birthday Party pertama yang saya bantu dekor dan konsepnya pernah saya tulis disini beserta tips-tips untuk mengadakan pesta sendiri dirumah.


Nah kali ini, saya kepingin berbagi ide membuat tema pesta yang bisa dibilang affordable alias murah meriah dengan perlengkapan, dekorasi, makanan yang hampir seluruhnya bisa dibuat sendiri atau memaksimalkan perabotan yang sudah kita punya lho. Selain seru, ide seperti ini sangat menghemat biaya apalagi pasti keponakan-keponakan akan senang dimintakan bantuan untuk membuat prakarya ini itu hehehe. berikut adalah 5 tema pesta yang bisa kita buat sendiri dirumah lho.

1. Cactus Birthday Party

Pesta ulang tahun bertemakan Kaktus ternyata lucu ya?. Tanaman succulent yang mudah dirawat dan bahkan mudah ditemukan ini harganya murah meriah lho. Kaktus mini hanya dibanderol harga sekitar Rp. 5000 hingga ratusan ribu untuk ukuran yang besar.

Inspirasi kue berbentuk kaktus juga mudah dibuat. Backdrop dengan template kaktus bisa didownload secara gratis diinternet atau digambar sendiri dengan warna dominan hijau. Kaktus mini tersebut juga bisa digunakan sebagai suvenir pengganti makanan-makanan kecil yang biasanya berpengawet. Sangat bagus untuk mengajarkan anak-anak mengenal dan merawat tanaman kan?

2. Under the Sea Birthday Party


Tema Under the Sea Birthday Party ini masuk dalam kategori murah meriah tapi amat sangat terlihat elegan untuk dekorasi pesta ulang tahun mulai dari balita, remaja maupun dewasa. Perlengkapan yang dibutuhkan bahkan bisa kamu dapatkan gratis lho, hihihihi. Caranya ya tentu saja dengan pergi kepantai dan mengumpulkan berbagai bentuk kerang dan mengambil pasir pantai yang bersih secukupnya hihihi (kalau setruk mah bisa buat bikin rumah ya? :p). Kalau malu atau malas hehe, cukup pergi ketempat penjual ikan yang ada dijakarta seperti di Sumenep Menteng contohnya. Disana kamu bisa menemukan berbagai macam bentuk kerang bahkan terumbu karang hingga bebatuan dan pasir pantai.

Untuk ide kue, kue berbentuk bintang laut atau ikan ataupun kerang sangat mudah dibuat karena sudah banyak toko kue yang menjual cetakan berbentuk penghuni laut tersebut. Minumannya bisa dari soda yang diberi pewarna makanan biru sehingga terlihat seperti air laut, anak-anak pasti suka!. Sebagai hiasan tambahan disekeliling kue bisa ditaburkan gula palem yang tekstur dan warnanya mirip dengan pasir serta mutiara-mutiara buatan sebagai pemanis aksesoris meja.

3. Tropical Birthday Party


Selain cocok dengan tema pesta untuk anak-anak, Tropical Birthday Party Theme ini cocok untuk kita yang memang berada dinegara tropis. Lihat saja ide dekorasi dari tema ini, ada nanas, bunga anggrek, kertas warna warni, permen dan minuman rasa buah. Terbayang kan betapa meriahnya pesta dengan nuansa ini? Apalagi nilai plusnya, kebutuhan untuk pesta dengan tema tersebut sangat mudah didapat dipasar tradisional hihihi. Cemilan buah-buahan tropis yang dipotong kecil-kecil seukuran finger food serta berwarna-warni sangat bagus untuk anak-anak agar menarik untuk dimakan, kalau mau agak usaha sedikit, buah-buahan bisa dipotong menggunakan cookie cutter atau dibuatkan Fruit Popsicle yang sangat mudah dibuat sehari sebelumnya. Selain murah meriah, amat sehat bagi anak-anak dibandingkan permen dan kue-kue manis lainnya bukan?

Untuk minumannya juga dapat disediakan juice buah atau cocktail buah-buahan yang juga menyegarkan dan sehat. Dekorasi bunga-bunga tropis warna-warni bisa ditambahkan di dalam toples bekas atau gelas-gelas kertas berwarna-warni. Meriah kaann?

4. Rustic Farm Birthday Party

Rustic Farm Birthday Party bisa disebut juga Ulang tahun dengan tema Pertanian. Hihihi, agak nggak enak didenger ya?. Tapi tema ini lucu dan jarang dibuat. Kali ini tema pestanya jadi bisa menambah wawasan anak-anak mengenai sayuran lho. Dipesta ini, bisa juga dibuat Edible Paint dari sayur-sayuran sebagai salah satu acara utama bagi anak-anak. Seperti warna orens dari wortel, magenta dari buah bit, merah dari tomat, hijau dari bayam, ungu dari kol ungu, dan lain sebagainya. Selain anak-anak juga jadi bisa bermain Sensory Play, cat dari sayuran ini sangat aman jika tertelan oleh anak-anak bahkan yang berumur dibawah 1 tahun lho.

Untuk ide kue, bisa juga dibuatkan kue ulang tahun dari wortel alias Carot Cake yang berwarna orens terang dan menarik untuk anak-anak. Mereka pasti tidak akan mengira kalau kue seenak itu terbuat dari sayuran hihihi. Lalu untuk snack bisa dibuatkan Tempura dari berbagai sayuran seperti wortel, zuchini, jamur, atau bayam. Dijamin, anak-anak pasti suka ;).

5. Tutti Frutti Birthday Party

Kalau diatas barusan bertemakan sayuran, tema pesta yang ini adalah buah-buahan, masih temenan sama sayuran hehehe. Tema Tutti Frutti Birthday Party ini menurut saya paling seru! Not to mention how cheap it is yaa... Gimana nggak? Semua bahannya bisa kita dapat ditoko buah atau dipasar tradisional kalau mau lebih murah lagi dan dengan kualitas yang nggak kalah lho dengan toko swalayan besar. Ide bentuk kue ulang tahunnya sendiri bisa dari bentuk buah apa saja dan tetap lucu dan menarik. Bayangkan saja bentuk kue ulang tahun berbentuk nanas kalau mau yang sedikit lebih meriah, atau bentuk jeruk yang lebih mudah. Kalau mau unik, kue ulang tahun bisa berupa puding buah yang dibentuk semenarik mungkin. Kita sebut saja berbagai penganan berbahan dasar buah seperti salad buah, es buah, cocktail buah, keripik buah, coklat dengan isian buah, puding buah dan masih banyak lagi snack yang enak berbahan dasar buah.

Karena rasanya yang manis, anak-anak pasti suka semua makanan dari buah dan sangat menyehatkan. Untuk isi acara bisa juga dibuatkan tebak rasa buah dengan mata tertutup. Siapa tahu anak-anak yang tadinya tidak suka buah karena belum pernah merasakan enaknya makan buah jadi suka atau malah ketagihan.


Demikian 5 ide untuk pesta ulang tahun atau pesta apapun juga yang bisa kita siapkan sendiri dirumah dengan budget yang sudah disesuaikan. Jangan lupa juga minta tolong pasukan keluarga hehehe. Membuat pesta sendiri bersama keluarga tentunya akan menambah kedekatan sesama anggota keluarga. Yuk coba bikin sendiri dan keluarkan kreatifitasmu yaa Mommies! ;)






image source from here

You Might Also Like

12 comments

  1. Kak talithaaa suka banget sama yg Cactus theme, another way for nature & green themes ♡

    Tapi yg Rustic Farm bisa dibilang paling affordable juga nih.. soalnya sekalian belanja bulanan isinya sayur mayur semua hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah indaahh pemikirannya udh emak2 bgt ituuu.. Udh siap bgt nihh kayanyaa 😛

      Delete
  2. Suka bangey sama yg Tropical Birthday Party.. Cute.. Thanks for sharing Tal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa colorfull yaa.. Sm2 puut semoga bermanfaat yaaa

      Delete
  3. aku suka yang tutti frutti mbak..jepretannya bagus banget ...salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yg tutti fruti seruuu.. Ini bukan hasil fotoku mbak, sourcenya ada diakhir artikel kok :)

      Delete
  4. suka banget sama yang kaktus, lucu nggemesin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa murmer bgtt dan sisa dekornya ga dibuang bs ditanam terus hehe

      Delete
  5. Cakep2 smuaaaa bakal bingung kalo disuruh milih >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya mbaakk.. Samaa.. Tiap bulan aja ngadainnya kali yaa hehehe

      Delete
  6. itu yang tema under the sea lucuu amat dehh. tp kebayang klo buat anak kecil pasti pada mainan pasir dibawah meja. hahahahaa

    ReplyDelete
  7. Pestanya pasti seru banget ya?
    Pengen gabung. :D

    ReplyDelete

Really love to hear what you think! ;)